COURSE OUTLINE
Mata Kuliah : Ilmu Pendidikan Islam
Jurusan : Tarbiyah
Program Studi : S1/ PAI/PBA/KI/KUALIFIKASI. S.1
Kode Mata Kuliah : TKI KB 401
Semester : IV (Empat/Genap
Kredit : 2 SKS
Waktu : 1600 menit
Hari/jam kuliah : Jum’at, 16.00-18.30 Wita
Dosen Pengasuh : Prof.Dr.Hj.Siti Muriah.
A. DESKRIPSI MATA KULIAH
Suatu bangunan akan berdiri kokoh bila dilandasi dengan pondasi yang kuat. Demikian pula pendidikan, tak terkecuali pendidikan Islam. Pendiidkan Islam akan kokoh bila dilandasi dengan landasan filosofis yang kuat yang berdasarkan al-Qur’an dan Hadits serta pemikiran para tokoh. Dalam perkuliahan akan mengkaji secara kritis-metodologis kajian
filosofis tentang konsep-konsep pendidikan Islam dari al-Qur’an yang diperkuat dengan Hadits serta pemikiran para tokoh yang ikut memberikan kontribusi terhadap landasan pendidikan Islam.
filosofis tentang konsep-konsep pendidikan Islam dari al-Qur’an yang diperkuat dengan Hadits serta pemikiran para tokoh yang ikut memberikan kontribusi terhadap landasan pendidikan Islam.
B. TUJUAN
- Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar Filsafat Pendidikan Islam
- Mahasiswa mampu memahami penciptaan manusia dan alam dalam pandangan Islam serta implikasinya kependidikannya.
- Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep pendidikan Islam berdasarkan al-Qur’an dan Hadits.
- Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep pendidikan dari para tokoh-tokoh baik adab klasik maupun kontemporer.
C. MATERI POKOK
- Pengetahuan dalam pandangan Islam.
- Pengertian, obyek, urgensi fungsi IPI.
- Konsep fitrah dan implikasi kependidikannya.
- Tujuan pendidikan Islam.
- Kurikulum Pendidikan Islam.
- Pengaruh dikotomi ilmu terhadap kurikulum PAI
- Peserta didik dalam pendidikan Islam
- Pendidik dalam perspektif pendidikan Islam
- Pendekatan dalam pendidikan Islam
- Metode pembelajaran Pendidikan Islam
- Media/alat dalam pendidikan Islam
- Profesinaolisme dalam pendidikan Islam.
- Peningkatan kualitas pendidikan Islam
D. RENCANA PERKULIAHAN
NO | PERTEMUAN | HARI/ TANGGAL | MATERI | KET |
1 | I | Kontrak Belajar & Orientasi silabus FPI | ||
2 | II | Pengetahuan dalam Islam/Epistomologi IPI | ||
3 | III | Pengertian, ruang lingkup, urgensi, dan fungsi IPI | ||
4 | IV | Konsep fitrah dan Implikasi kependidikannya. | ||
5 | V | Hakikat dan tujuan Pendidikan Islam | ||
6 | VI | Kurikulum Pendidikan Islam | ||
7 | VII | Pengaruh dikotomi kurikulum terhadap PAI | ||
8 | VIII | Peserta didik dalam pendidikan Islam | ||
9 | XI | Ujian Tengah Semester (UTS) | ||
10 | X | Pendidik dalam pendidikan Islam | ||
11 | XI | Pendekatan dalam Pendidikan Islam | ||
12 | XII | Metode pembelajaran dalam Pendidikan Islam | ||
13 | XIII | Alat/media dalam Pendidikan Islam | ||
14 | XIV | Institusi Pendidikan Islam | ||
15 | XV | Profesionalisme PI | ||
16 | XVI | Peningkatan Kualitas PI |
E. PENDEKATAN & STRATEGI PEMBELAJARAN
Dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan humanistic learning yaitu dengan menghargai penuh pengetahuan mahasiswa. Dalam strategi pembelajaran menggunakan active learning, yang memungkinkan mahasiswa berperan aktiv dalam proses perkuliahan.
F. SISTEM PENILAIAN
- Presensi, keaktifan (20%)
- Tugas (20%)
- Quis/Mid Semester (20%)
- Ujian Semester (40%)
G. TUGAS
- Makalah, yaitu makalah yang harus diseminarkan di kelas, sesuai dengan pembagian topik pembahasan.
- Book review. Buku yang akan direview adalah buku tentang pemikiran pendidikan Islam atau yang serupa. Buku yang akan di review terlebih dulu harus dikonsultasikan pada dosen pengasuh. Hasil review ini sebagai bahan ujian Quiz).
H. KETENTUAN MAKALAH
- Makalah diketik dengan kertas A4 (kwarto) spasi ganda dengan karakter huruf Time New Roman 12, tanpa dijilid.
- Makalah minimal herus berisi Pendahuluan yang berisi tentang latar belakang masalah, Isi dan penutup.
- Makalah harus mencantumkan sumber referensi minimal 10 buku, salah satunya harus ada sumber referensi yang berbahasa Inggris, arab dan internet.
- Makalah minimal 8 halaman.
- Makalah disampaikan kepada dosen pengasuh minimal 24 jam sebelum diseminarkan dikelas.
- Setelah diseminarkan, makalah diperbaiki berdasarkan saran-saran (rekomendasi) peserta dan dosen pengasuh.
I. KETENTUAN BOOK REVIEW
- Hendaklah mencantumkan identias buku (judul, penulis, penerbit, tahun penerbitan, jumlah halaman)
- Diketik pada kerta A4 (kwarto) dengan spasi ganda, dengan karakter huruf Time New Roman 12.
- Minimal 10 halaman
J. BAHAN BACAAN/REFERENSI
Abu Ali Khalil al-Ainaini, Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah fi al-Qur’an al-Karim, Mesir: Dar`al-Fikr 1980
Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1993
Abdurrahman Saleh Abdullah, Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan al-Qur’an, Jakarta: Reneka Cipta, 1994
Abudin Nata, Filsafat Pendidkan Islam, Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu, 2001
Hasan Langgulung, Manusia dan pendidikan Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum PAI, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004
Ahmad`D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-ma’arif, 1962)
Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah, Pemikiran Pendidikan Islam, Terj. Syamsudin Asrofi dkk, dari Ruh al-Islam, Yogyakarta: Titian Ilahi Press, 1996
_______________, Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyyah wa al-Falasifatuha, Beirut: Dar al-Fikr, tt
______________, Muhammad Athiyah, Ruh al-Islam, wa al-Ta’lim, Cet. IV, Mesir: Dar al-Kutub al-Araby, 1950
Abdullah Nasih Ulwan, Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam, Beirut: Dar al-Salam, 1993
Abdus Sami’ & Ridwan Faklak, Biografi Lima Rois Am Nahdlatul Ulama’, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Adam, Charles, C. Islam Dunia & Modern di Mesir, (terj) Jakarta: Dian Rakyat, tt
Ahmad Barizi, (ed), Holistika Pemikiran Pendidikan Malik Fadjar, UIN-Malang Bekerjasama dengan Rajawali Press, 2006
Ahqaad, Abbas Mahmud, Abqariyah al-Islah Wa al-Ta’lim al-Imam Muhammad Abduh, Beirut: Dar al-Kitab, 1971
Al-Attas, Muhammad Naquib, (ed). Aim and Objectives of Islamic Education, : Jeddah: King Abdul Aziz, 1979
Al-Attas, Muhammad Naquib, Civil and Objective of Plan Education: Jeddah: King Abdul Aziz, 1999
Al-Attas, Muhammad Naquib, Konsep Pendidikan Dalam Islam, (Terj. Haidar Baqir, Bandung: Mizan, 1988
Al-Faruqi, Ismail Raji, Islamisasi Ilmu Pengetahuan, (ter) Anas Mahyudin, Bandung: Pustaka, 1995
Al-Gazali, Abu Hamid Muhammad, Ihya’ Ulumuddin, Kairo Maktabah, Mishriyyah, 1997
Ali Ashraf, Syed Sajjad & Ali Asyraf, Krisis Pendidikan Islam. Terj Ibrahim Hosen, Bandung: Risalah, 1986
_________, Horison Baru Pendidikan Islam, Ter. Soni Siregar, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1996.
Al-Zarnuji, Burhanudin, Ta’limul Muta’alim: Thariqah al-Ta’lim, Semarang: Toha Putra, 1986
Amin, Ahmad, Zuamaul Islah fi al-Ashr al-Hadits, Kairo: al-Nahdlah al-Mishriyyah, 1979
Anwar Hudijono & Anshari Thayyiib, Darah Guru, Darah Muhammadiyah, 2006.
Asy’ary, Syaikh Hasyim, Adabul Alim wa al-Muta’alim, Surabaya: al-Ikhlas, 1993
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi & modernisasi menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos, 1994.
Dewan Redaksi, Ensiklopedi Islam, Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve, 1994
Fatiyah Hasan Sulaiman, Aliran-Aliran Pendidikan (Studi Aliran-Aliran Pendidikan Menurut al-Gazali) Terj. Said Aqil al-Munawwar, Semarang: Dina Utama, 1993
Hanun Asrohah, Sejarah Pendidikan Islam, Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu, 1999
Harun Nasution dan Tim, Ensiklopedi Islam Indonesia, Bandung: Djambatan, 1992
Hasan Langgulung, Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, Bandung: al-Ma’arif, 1995
_____________, Manusia dan Pendidikan, (terj) Jakarta: Bulan Bintang, 1979
_____________, Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke 21, Jakarta: Radar Ofset, 1888
Ibnu Khaldun, Muqaddimah, Beirut: Dar al-Fikr, 1975
Imam Tolkhah & Ahmad Barizi, Membuka Jendela Pendidikan, Mengurai Akar Tradisi Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Press, 2006.
Jhon Esposito, Ensiklopedi Islam Modern, Bandung: Mizan, 1994
Jonathan Berkey, the Transmission of Knowledge in Medieval Cairo, New Jersey: Prinsetton University Press. 1992.
Muzayyin Arifin, Filsafat Pendiidkan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1994
Musa Asy’arie. Manusia Pembentuk Kebudayaandalam al-Qur’an, Yogyakarta: LESFI, 1992
Muhammad Abdul Baqi (al-Mu’jan al-Mufahras li al-Fadz al-Qur’an al-Karim, (Beirut: Dar al-Fikr, 1987.
Malik Fadjar, Reformasi Pendidikan Islam, Jakarta: Fadjar Dunia, 1999
Nurcholish Madjid, (ed) Khazanah Intelektual Muslim, Jakarta: Bulan Bintang, 1994.
Oemar Muhammad At-Taoumy al-Syaibany, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1979
Rauf, Abbas, Tarikh al-Jamia’ah al-Qohiroh, Kairo: Dar al-Qolam, 1994
Ridla, Muhammad Rasyid, (ed) Tafsir al-Qur’an al-Karim As-Syahir bi al-Tasfir al-Manar, Beirut: Dar al- Manar. Tt
_________, Tarikh al-Ustadz al-Imam Muhammad Abduh, Jld, I, II, III, Kairo: Dar al-Manar), tt
Stantion Michael Charles, Pendidikan Tinggi Dalam Islam, (terj), Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu, 1994
Yasmadi, Kritik Nurcholish Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional, Jakarta:Ciputat Press.
|
AMANS
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI |
|
0 komentar:
Posting Komentar